Thursday, October 29, 2015

SRS (Software Requirements Specification) Pearmedia

BAB I
PENDAHULUAN

1.1.    Tujuan
            Tujuan dari pembuatan Pear media berbasis web ini yaitu :
•       Dapat mempermudah pengguna untuk saling sharing dan berkomunikasi.
•       Memudahkan dalam mengakses Informasi yang lebih cepat dan efektif.
•       Dapat melakukan registrasi secara online.

1.2.    Ruang Lingkup
Ruang lingkup dalam pengembangan sistem ini menggunakan Perangkat lunak berupa sistem databaseyang diberi nama Sistem Pear media atau menu login. Perangkat lunak ini digunakan untuk penginputan data dan penyimpanan data yang di harapkan data akan tersimpan. Sistem ini mulai dirasa perlu demi mempermudah pengguna mencari dokumen dan data yang di sharing antar pengguna.

1.3.    Definisi
Definisi - definisi dari istilah yang digunakan dalam dokumen ini diantaranya:
User             : Pengguna dari perangkat lunak.
Database       : Basis data, tempat penyimpanan data –data yang berhubungan  dengan Perangkat Lunak.
Admin         : Sesuatu yang berhubungan langsung  dengan system.
Password     : Kata kunci rahasia untuk bisa mengakses sistem.
Interface      : Tampilan antarmuka.

1.4.     Sistematika
Dokumen SRS ini dibagi menjadi tiga bagian utama, yaitu :
1.      Pendahuluan yang berisi penjelasan tentang tujuan pembuatan perangkat lunak, lingkup masalah yang dipengaruhi oleh perangkat lunak yang dikembangkan, definisi, dan sistematika.
2.   Deskripsi Umum yang berisi penjelasan secara umum mengenai perangkat lunak yang akan dikembangkan, meliputi perspektif deskripsi umum sistem,karakteristik pengguna, batasan-batasan dan asumsi penggunaan.
3.      Spesifikasi kebutuhan yang berisi uraian kebutuhan perangkat lunak secara lebih rinci.

BAB II
DESKRIPSI UMUM

2.1.     Perspektif
Dalam membantu pengguna melakukan kegiatan kebutuhan mencari informasi dibuatlah perangkat lunak  yang bersifat user friendly  artinya pengguna dapat menggunakannya dengan mudah.
Perangkat lunak ini menangani kegatan - kegiatan antara lain login pengguna, upload data.

2.2.     Kegunaan
Perangkat lunak ini memiliki kegunaan yang nantinya dapat membantu pengguna dalam melaksanakan kegiatan operasionalnya. kegunaan perangkat lunak juga dapat dirasakan oleh pengguna layanan Media sosial. Dengan adanya perangkat lunak ini, mereka bisa mendapatkan data-data yang di cari secara lebih mudah dan akurat.

2.3.     Karakteristik Pengguna
Karakterisitk pengguna dari perangkat lunak ini adalah semua yang ingin menggunkan jasa media sosial misalnya masyarakat umum yang membedakan adalah pengguna yang berinteraksi dengan sistem dihubungkan dengan hak akses dan level autentifikasi sesuai dengan kebutuhan dan aturan yang terdapat pada Perangkat lunak ini.

2.4.     Batasan-Batasan
1.     Perangkat lunak hanya dijalankan di browser.
2.      Waktu pengembangan perangkat lunak yang singkat membuat adanya kemungkinan tidak semua fungsi yang ada dapat dilaksanakan.
3.      Pengembangan perangkat lunak tidak akan merubah file-file ataupun database yang ada pada saat ini tanpa adanya ijin.

BAB III
SPESIFIKASI KEBUTUHAN

3.1   Kebutuhan Fungsional
3.1.1 Pendahuluan
      Kebutuhan Fungsional adalah kebutuhan yang harus dipenuhi agar suatu sistem dapat berjalan atau dapat dikatakan kebutuhan tambahan yang memiliki input, proses, dan output. Kebutuhan fungsional yang harus ada dalam sistem yang akan dikembangkan ini adalah sebagai berikut:
Sistem harus dapat menyediakan informasi  bagi pengunjung pear media secara lebih detail, cepat dan efektif.
Sistem harus dapat meminimalisir terjadinya kecurangan setiap pengguna yang mengupload datanya.
Aktor yang ada dalam dalam lingkup sistem adalah :
pengguna
Yang dilakukan adalah :
Mendaftar jadi anggota di media social.
Mengupload sesuai kebutuhan.
Tidak boleh melakukan pelanggaran.

3.1.2 Input
•       Input / Masukan Pada Proses Daftar
Field Nama depan     : untuk menampilkan nama depan.
Field nama belakang : untuk menampilkan nama belakang.
Field Email                   : masukan email untuk memudahkan ketika login.
Field Password            : kata kunci rahasia agar system mengetahui siapa yang login.
Tombol Daftar             : untuk mendaftarkan yang sudah di isikan sebelumnya.
•       Input / Masukan Pada Proses login
Field Email         : masukan email untuk memudahkan ketika login.
Field Password : kata kunci rahasia agar system mengetahui siapa yang login.
Tombol Login    : untuk masu ke perangkat lunak jejaring social.

3.1.3  Proses
                     Tampilan muka  web Sistem Media sosial terdapat form pengisian data pengguna. Pengisian dilakukan sesuai tata cara yang disediakan .Pengguna  akan menginputkan data pengguna dan data akan tersimpan kedalam database pengguna. Dan secara otomatis pengguna masuk ke halaman Utama (Home) dan dapat mengakses Sistem Informasi Media social.
                     Pada menu pencarian, Pengguna akan mencari orang atau kerabat yang bisa di ajak sharing. Sistem akan menampilkan orang yang di cari dan pengguna dapat melihat isi katalog dan memulai pencarian orang dengan memasukkan beberapa data  yang ingin dicari.
              
3.1.4 Output
Pada Sistem pear media ini, output yang dihasilkan oleh input yang dimasukkan Oleh User pada proses “Mencari orang” adalah masuknya pengunjung ke halaman utama Web Sistem pear media ini.
            Pada proses “Login” output yang dihasilkan yaitu berupa Autentifikasi sehingga user dapat masuk ke halaman utama web dan mengakses seluruh informasi yang ada di halaman web.
            “Memproses Data ” menghasilkan output berupa data  yang di sharing dalam bentuk file atau text dengan menu upload dan delete yang tersedia sehingga user yang lain dapat memanipulasi data tersebut.

3.2    Kebutuhan Antarmuka Eksternal
3.2.1.       Kebutuhan Antarmuka Pengguna
Perangkat lunak untuk Pearmedia ini dibuat dengan menggunakan Aplikasi web, untuk pengolahan User Interface. Dimana tampilan web didesain menggunakan template yang ada. Perangkat lunak untuk layanan dalam pearmedia ini dilengkapi dengan menu untuk pengaksesan berbagai fungsi yang disediakan. Interaksi antara pengguna dan perangkat lunak dilakukan dengan menggunakan keyboard dan mouse. Ada beberapa fungsi yang hanya bisa dilakukan dengan mouse dan ada yang bisa dilakukan baik dengan keyboard dan mouse (misalnya pengaksesan menu).

3.2.2.       Kebutuhan Antarmuka Perangkat Keras
perangkat keras yang dapat digunakan dalam perangkat lunak yang dibuat adalah:
1.        PC
2.        Monitor VGA mempunyai resolusi minimal 800 x 1200 pixel.
3.        Keyboard dan mouse untuk melakukan kegiatan user.
4.        internet.
5.     Semua perangkat keras yang digunakan merupakan perangkat standar dalam sistem komputer serta untuk koneksi internet.

3.2.3.       Kebutuhan Antarmuka Perangkat Lunak
Perangkat lunak yang dibutuhkan untuk pearmedia antara lain:
1.      Sistem Operasi Windows (XP,Vista,7,Server 2008), Linux, dll
2.      untuk pengolahan database : SQL Server ,Phpmyadmin.
3.      browser yang menghubungkan ke internet.

3.2.4.   Kebutuhan Antarmuka Komunikasi
Proses komunikasi dalam sistem ini menggunakan jaringan lokal, dimana dikontrol oleh komputer server.

3.3     Kebutuhan Performansi
untuk meningkatkan kinerja sistem  ini dibutuhkan kriteria spesifikasi ukuran kuantitatif yang harus dipenuhi oleh perangkat lunak. Sistem ini diharapkan dapat membutuhkan waktu yang sedikit dalam menyelesaikan setiap tahapan proses. Semakin sedikit waktu yang dibutuhkan, semakin besar troughput yang dapat dihasilkan. Meningkatnya kecepatan ini diharapkan dapat terjadi di setiap tahapan proses ataupun pekerjaan yang besarnya ini bergantung pada jenis prosesnya. Selain itu sistem diharapkan dapat mengurangi kecurangan oleh user.

3.4      Kendala Disain
Dalam pembuatan sistem ini, terdapat kendala-kendala atau hambatan yang menyangkut standar pemenuhan perangkat keras.

3.4.1   Standard Compliance (standar pemenuhan)
·        pemilik sistem dapat merubah file-file ataupun database yang ada.
·        User dapat mengupload dan menyimpan data

3.4.2   Perangkat Keras
Berikut adalah standar teknologi informasi yang harus dipenuhi oleh sistem :
1.     Sistem operasi apa saja.
2.     basis data sebagai media penyimpanannya Basis data yang digunakan adalah SQL Server.
3.     Sistem akan dibangun sebagai desktop application. Aplikasi ini akan dibangun dengan menggunakan Sintaks HTML ,CSS , dan sentuhan bootstrap serta javascript.
4.      Monitor VGA yang dapat menampilkan resolusi minimal 800 x 1200 pixel.
5.      Keyboard dan mouse untuk melakukan kegiatan user
6.      Browser yang terhubung ke internet untuk mengakses perangkat lunak.

3.5     Atribut
3.5.1.  Keamanan Sistem
Untuk memproteksi perangkat lunak dari akses, penggunaan, pengubahan, penghancuran atau pengungkapan (disclosure) yang tidak disengaja atau yang merusak. Kebutuhan yang spesifik termasuk hal-hal berikut:
1.   Adanya back up data sehingga data lebih reliable
2.   Penyimpanan data log/history
3.   Pemberian suatu fungsi ke modul-modul yang berbeda
4.   Pembatasan komunikasi terhadap suatu area tertentu dalam program
5.   Pemeriksaan integritas data untuk peubah-peubah kritis

3.5.2.  Pemeliharaan
Adanya pemeliharaan dan pengecekan berkala yang akan dilakukan terhadap program yang berjalan ataupun pengecekan baik terhadap perangkat lunak itu sendiri ataupun hardware yang digunakan. Untuk pemeliharaan tiap harinya, sistem ini dilengkapi antivirus sehingga meminimalkan kerusakan pada sistem serta terdapat back up data untuk mencegah hal-hal tidak terduga yang tidak diinginkan.

3.6.    Kebutuhan Lain
3.6.1  Database
Database yang terdapat dalam pearmedia ini terdiri dari:
1.      User sebagai pengguna.
2.      Password.
3.      Jenis kelamin.
4.      Waktu aktif system.

3.6.2  Pengoperasian
Perangkat lunak dapat dijalankan di PC atau Laptop manapun yang terhubung dengan internet.

3.6.3  Penyesuaian Tempat
Penggunaan database PHPmyadmin untuk menyimpan data-data user.

BAB IV
APPENDIX

4.1  Appendix: Analysis model
4.1.1 Context Diagran
Context diagram ini merupakan penggambaran secara garis besar sistem jejaring sosial pearmedia yang dibuat serta menunjukkan hubungan antar user yang terlibat langsung dengan sistem.

4.1.2 DFD (Data Flow Diagram)
Data Flow Diagram (DFD) merupakan model yang menggambarkan sistem sebagai jaringan kerja antar fungsi yang saling berhubungan dengan aliran dan penyimpanan data atau database.


4.1.3 Desain Layout
Rancangan Halaman Pearmedia
Halaman pearmedia merupakan halaman yang pertama kali diakses oleh pengguna. Halaman ini berisi form login dan register untuk mengakses konten pearmedia.



4.1.4  Perancangan Basis Data
Perancangan basis data perlukan dalam pembuatan sistem jejaring sosial pearmedia dan digunakan untuk tempat menyimpan seluruh informasi dan data. Rancangan basis data dimulai dengan membuat relasi antar tabel dan rancangan tabel.



No comments:

Post a Comment

Tata cara komentar di blog ini :
1. Menggunakan bahasa yang baik dan benar
2. Pikirkan terlebih dahulu apa yang ingin di pertanyakan
3. Boleh saling memberikan informasi yang akurat dan jelas
4. Anda sopan, kami segan