BAB
I
PENDAHULUAN
PENDAHULUAN
1.1. Tujuan
Tujuan dari pembuatan Pear media
berbasis web ini yaitu :
• Dapat mempermudah pengguna untuk saling
sharing dan berkomunikasi.
• Memudahkan dalam mengakses Informasi
yang lebih cepat dan efektif.
• Dapat melakukan registrasi secara
online.
1.2. Ruang Lingkup
Ruang
lingkup dalam pengembangan sistem ini menggunakan Perangkat lunak berupa sistem
databaseyang diberi nama Sistem Pear media atau menu login. Perangkat lunak ini
digunakan untuk penginputan data dan penyimpanan data yang di harapkan data
akan tersimpan. Sistem ini mulai dirasa perlu demi mempermudah pengguna mencari
dokumen dan data yang di sharing antar pengguna.
1.3. Definisi
Definisi - definisi dari istilah yang digunakan dalam dokumen ini diantaranya:
User : Pengguna dari perangkat lunak.
Database :
Basis data, tempat penyimpanan data –data yang berhubungan dengan Perangkat Lunak.
Admin : Sesuatu yang berhubungan
langsung dengan system.
Password :
Kata kunci rahasia untuk bisa mengakses sistem.
Interface : Tampilan antarmuka.
1.4. Sistematika
Dokumen
SRS ini dibagi menjadi tiga bagian utama, yaitu :
1. Pendahuluan yang berisi penjelasan
tentang tujuan pembuatan perangkat lunak, lingkup masalah yang dipengaruhi oleh
perangkat lunak yang dikembangkan, definisi, dan sistematika.
2. Deskripsi Umum yang berisi penjelasan secara
umum mengenai perangkat lunak yang akan dikembangkan, meliputi perspektif
deskripsi umum sistem,karakteristik pengguna, batasan-batasan dan asumsi
penggunaan.
3. Spesifikasi kebutuhan yang berisi uraian
kebutuhan perangkat lunak secara lebih rinci.
BAB II
DESKRIPSI UMUM
2.1. Perspektif
Dalam
membantu pengguna melakukan kegiatan kebutuhan mencari informasi dibuatlah
perangkat lunak yang bersifat user
friendly artinya pengguna dapat
menggunakannya dengan mudah.
Perangkat
lunak ini menangani kegatan - kegiatan antara lain login pengguna, upload data.
2.2. Kegunaan
Perangkat
lunak ini memiliki kegunaan yang nantinya dapat membantu pengguna dalam
melaksanakan kegiatan operasionalnya. kegunaan perangkat lunak juga dapat
dirasakan oleh pengguna layanan Media sosial. Dengan adanya perangkat lunak
ini, mereka bisa mendapatkan data-data yang di cari secara lebih mudah dan
akurat.
2.3. Karakteristik Pengguna
Karakterisitk
pengguna dari perangkat lunak ini adalah semua yang ingin menggunkan jasa media
sosial misalnya masyarakat umum yang membedakan adalah pengguna yang
berinteraksi dengan sistem dihubungkan dengan hak akses dan level autentifikasi
sesuai dengan kebutuhan dan aturan yang terdapat pada Perangkat lunak ini.
2.4. Batasan-Batasan
2.4. Batasan-Batasan
1. Perangkat lunak hanya dijalankan di
browser.
2. Waktu pengembangan perangkat lunak yang
singkat membuat adanya kemungkinan tidak semua fungsi yang ada dapat
dilaksanakan.
3. Pengembangan perangkat lunak tidak akan
merubah file-file ataupun database yang ada pada saat ini tanpa adanya ijin.
BAB III
SPESIFIKASI KEBUTUHAN
3.1 Kebutuhan Fungsional
3.1.1 Pendahuluan
Kebutuhan Fungsional adalah kebutuhan
yang harus dipenuhi agar suatu sistem dapat berjalan atau dapat dikatakan
kebutuhan tambahan yang memiliki input, proses, dan output. Kebutuhan
fungsional yang harus ada dalam sistem yang akan dikembangkan ini adalah
sebagai berikut:
Sistem
harus dapat menyediakan informasi bagi
pengunjung pear media secara lebih detail, cepat dan efektif.
Sistem
harus dapat meminimalisir terjadinya kecurangan setiap pengguna yang mengupload
datanya.
Aktor
yang ada dalam dalam lingkup sistem adalah :
pengguna
Yang
dilakukan adalah :
Mendaftar
jadi anggota di media social.
Mengupload
sesuai kebutuhan.
Tidak
boleh melakukan pelanggaran.
3.1.2 Input
• Input / Masukan Pada Proses Daftar
Field
Nama depan : untuk menampilkan nama
depan.
Field
nama belakang : untuk menampilkan nama belakang.
Field
Email : masukan email
untuk memudahkan ketika login.
Field
Password : kata kunci rahasia
agar system mengetahui siapa yang login.
Tombol
Daftar : untuk mendaftarkan yang sudah di isikan
sebelumnya.
• Input / Masukan Pada Proses login
Field
Email : masukan email untuk
memudahkan ketika login.
Field
Password : kata kunci rahasia agar system mengetahui siapa yang login.
Tombol
Login : untuk
masu ke perangkat lunak jejaring social.
3.1.3 Proses
3.1.3 Proses
Tampilan muka web Sistem Media sosial terdapat form
pengisian data pengguna. Pengisian dilakukan sesuai tata cara yang disediakan
.Pengguna akan menginputkan data pengguna
dan data akan tersimpan kedalam database pengguna. Dan secara otomatis pengguna
masuk ke halaman Utama (Home) dan dapat mengakses Sistem Informasi Media
social.
Pada menu pencarian, Pengguna akan
mencari orang atau kerabat yang bisa di ajak sharing. Sistem akan menampilkan
orang yang di cari dan pengguna dapat melihat isi katalog dan memulai pencarian
orang dengan memasukkan beberapa data yang ingin dicari.
3.1.4 Output
Pada
Sistem pear media ini, output yang dihasilkan oleh input yang dimasukkan Oleh
User pada proses “Mencari orang” adalah masuknya pengunjung ke halaman utama Web
Sistem pear media ini.
Pada proses “Login” output yang
dihasilkan yaitu berupa Autentifikasi sehingga user dapat masuk ke halaman
utama web dan mengakses seluruh informasi yang ada di halaman web.
“Memproses Data ” menghasilkan
output berupa data yang di sharing dalam
bentuk file atau text dengan menu upload dan delete yang tersedia sehingga user
yang lain dapat memanipulasi data tersebut.
3.2 Kebutuhan Antarmuka Eksternal
3.2.1. Kebutuhan Antarmuka Pengguna
Perangkat
lunak untuk Pearmedia ini dibuat dengan menggunakan Aplikasi web, untuk
pengolahan User Interface. Dimana tampilan web didesain menggunakan template
yang ada. Perangkat lunak untuk layanan dalam pearmedia ini dilengkapi dengan
menu untuk pengaksesan berbagai fungsi yang disediakan. Interaksi antara
pengguna dan perangkat lunak dilakukan dengan menggunakan keyboard dan mouse.
Ada beberapa fungsi yang hanya bisa dilakukan dengan mouse dan ada yang bisa
dilakukan baik dengan keyboard dan mouse (misalnya pengaksesan menu).
3.2.2. Kebutuhan Antarmuka Perangkat Keras
perangkat
keras yang dapat digunakan dalam perangkat lunak yang dibuat adalah:
1. PC
2. Monitor
VGA mempunyai resolusi minimal 800 x 1200 pixel.
3. Keyboard
dan mouse untuk melakukan kegiatan user.
4. internet.
5. Semua perangkat keras yang digunakan
merupakan perangkat standar dalam sistem komputer serta untuk koneksi internet.
3.2.3. Kebutuhan Antarmuka Perangkat Lunak
Perangkat
lunak yang dibutuhkan untuk pearmedia antara lain:
1. Sistem Operasi Windows (XP,Vista,7,Server
2008), Linux, dll
2. untuk pengolahan database : SQL Server ,Phpmyadmin.
3. browser yang menghubungkan ke internet.
3.2.4. Kebutuhan Antarmuka Komunikasi
3.2.4. Kebutuhan Antarmuka Komunikasi
Proses
komunikasi dalam sistem ini menggunakan jaringan lokal, dimana dikontrol oleh
komputer server.
3.3 Kebutuhan Performansi
untuk
meningkatkan kinerja sistem ini
dibutuhkan kriteria spesifikasi ukuran kuantitatif yang harus dipenuhi oleh
perangkat lunak. Sistem ini diharapkan dapat membutuhkan waktu yang sedikit
dalam menyelesaikan setiap tahapan proses. Semakin sedikit waktu yang dibutuhkan,
semakin besar troughput yang dapat dihasilkan. Meningkatnya kecepatan ini
diharapkan dapat terjadi di setiap tahapan proses ataupun pekerjaan yang
besarnya ini bergantung pada jenis prosesnya. Selain itu sistem diharapkan
dapat mengurangi kecurangan oleh user.
3.4 Kendala Disain
Dalam
pembuatan sistem ini, terdapat kendala-kendala atau hambatan yang menyangkut
standar pemenuhan perangkat keras.
3.4.1 Standard
Compliance (standar pemenuhan)
· pemilik sistem dapat merubah file-file ataupun
database yang ada.
· User dapat mengupload dan menyimpan
data
3.4.2 Perangkat Keras
3.4.2 Perangkat Keras
Berikut
adalah standar teknologi informasi yang harus dipenuhi oleh sistem :
1. Sistem operasi apa saja.
2. basis data sebagai media penyimpanannya
Basis data yang digunakan adalah SQL Server.
3. Sistem akan dibangun sebagai desktop
application. Aplikasi ini akan dibangun dengan menggunakan Sintaks HTML ,CSS ,
dan sentuhan bootstrap serta javascript.
4. Monitor VGA yang dapat menampilkan resolusi
minimal 800 x 1200 pixel.
5. Keyboard dan mouse untuk melakukan
kegiatan user
6. Browser yang terhubung ke internet untuk
mengakses perangkat lunak.
3.5 Atribut
3.5.1. Keamanan Sistem
Untuk
memproteksi perangkat lunak dari akses, penggunaan, pengubahan, penghancuran
atau pengungkapan (disclosure) yang tidak disengaja atau yang merusak.
Kebutuhan yang spesifik termasuk hal-hal berikut:
1. Adanya back up data sehingga data lebih
reliable
2. Penyimpanan data log/history
3. Pemberian suatu fungsi ke modul-modul yang
berbeda
4.
Pembatasan komunikasi terhadap suatu
area tertentu dalam program
5. Pemeriksaan integritas data untuk
peubah-peubah kritis
3.5.2. Pemeliharaan
Adanya
pemeliharaan dan pengecekan berkala yang akan dilakukan terhadap program yang
berjalan ataupun pengecekan baik terhadap perangkat lunak itu sendiri ataupun
hardware yang digunakan. Untuk pemeliharaan tiap harinya, sistem ini dilengkapi
antivirus sehingga meminimalkan kerusakan pada sistem serta terdapat back up
data untuk mencegah hal-hal tidak terduga yang tidak diinginkan.
3.6. Kebutuhan Lain
3.6.1 Database
Database yang terdapat dalam pearmedia ini terdiri dari:
3.6.1 Database
Database yang terdapat dalam pearmedia ini terdiri dari:
1. User sebagai pengguna.
2. Password.
3. Jenis kelamin.
4. Waktu aktif system.
3.6.2 Pengoperasian
Perangkat
lunak dapat dijalankan di PC atau Laptop manapun yang terhubung dengan
internet.
3.6.3 Penyesuaian Tempat
Penggunaan
database PHPmyadmin untuk menyimpan data-data user.
BAB IV
APPENDIX
4.1 Appendix: Analysis model
4.1.1 Context Diagran
Context diagram ini merupakan penggambaran secara garis besar sistem
jejaring sosial pearmedia yang dibuat serta menunjukkan hubungan antar user yang terlibat langsung dengan
sistem.
4.1.2 DFD (Data Flow Diagram)
Data Flow Diagram (DFD) merupakan model yang menggambarkan sistem
sebagai jaringan kerja antar fungsi yang saling berhubungan dengan aliran dan
penyimpanan data atau database.
4.1.3 Desain Layout
Rancangan
Halaman Pearmedia
Halaman
pearmedia merupakan halaman yang pertama kali diakses oleh pengguna. Halaman
ini berisi form login dan register untuk mengakses konten pearmedia.
4.1.4 Perancangan Basis Data
Perancangan
basis data perlukan dalam pembuatan sistem jejaring sosial pearmedia dan digunakan
untuk tempat menyimpan seluruh informasi dan data. Rancangan basis data dimulai
dengan membuat relasi antar tabel dan rancangan tabel.
No comments:
Post a Comment
Tata cara komentar di blog ini :
1. Menggunakan bahasa yang baik dan benar
2. Pikirkan terlebih dahulu apa yang ingin di pertanyakan
3. Boleh saling memberikan informasi yang akurat dan jelas
4. Anda sopan, kami segan