Friday, November 6, 2015

Biografi Pendiri Apple


Steve Jobs
  Pria yang bernama lengkap Steven Paul "Steve" Jobs ini lahir di San Francisco, California pada tanggal 24 Februari 1955. Pada waktu remaja, ia bersekolah di Cupertino Junior High School bersama-sama dengan Steve Wozniak. Mereka berdua merupakan kawan dekat sejak remaja. Setelah itu dia melanjutkan sekolahnya di Homestead High School, dimasa remajanya ia bersama dengan Steve Wozniak bekerja sebagai karyawan musim panas. Keduanya sangat rajin sekali dalam bekerja.
  Steve Jobs menyelesaikan sekolah menengah atas pada tahun 1972 dan kemudian melanjutkan studi ke Reed College di Portland Oregon. Disana ia hanya belajar selama satu semester saja dan kemudian pindah. Ia harus bekerja keras untuk bisa memenuhi kebutuhan hidupnya sejari-hari dengan bekerja apapun seperti menjual botol.
  Ia pernah mengambil pekerjaan sebagai teknisi di Atari pada musim gugur tahun 1974 setelah pertemuannya dengan para pemilik Homebrew Computer Club. Dipertemuan itu, ia ditemani oleh Steve Wozniak. Perusahaan tersebut merupakan perusahaan yang bekerja dalam pembuatan berbagai video game yang pada masa itu sangat digemari sekali di Amerika Serikat. Tujuan utama dari Jobs untuk bekerja dengan mereka adalah untuk mengumpulkan uang sebagai tabungan pergi ke India.
  Setelah mendapat cukup uang, Jobs pun berangkat ke India untuk mengunjungi salah satu temannya yang kelak menjadi karyawan apple pertama. Steve Jobs pulang dengan menganut agama budha yang ditandai dengan kepalanya yang dicukur botak serta memakai pakaian khas India.
  Steve Jobs kembali ke pekerjaannya dahulu di Atari yang menawarkan kepada Jobs dan Wozniak untuk membuat permainan Breakout. Mereka berdua mendapat gaji masing-masing $350 dari perusahaan tersebut

Steve Wozniak
  Pria berkebangsaan Amerika ini lahir di San Jose, California pada tanggal 11 Agustus 1950. Karena kecerdasannya ia dianggap sebagai pelopor masuknya komputer ke dalam rumah pribadi. Salah satu bukti kecerdasannya yaitu ia berhasil membuat Apple II yang hanya dikerjakan oleh dirinya seorang.
  Sebelum bekerja bersama Steve Jobs di Atari, Wozniak adalah seorang hacker elektronik yang sudah bekerja cukup lama. Ia juga pernah membuat komputer yang diberi nama Computer Conversor yang kemudian dibeli oleh Call Computers dan yang lainnya dijual kepada instansi-instansi yang membutuhkan.
  Memang karir hidup Jobs dan Wozniak hampir sama, dan akhirnya keduanya pun dipertemukan kembali pada tahun 1976 saat menghadiri pertemuan Homebrew Computer Club. Di pertemuan itu, mereka membahas mengenai potensi dari minicomputer.

Ronald Wayne 
  Ronald Wayne bersama dengan dua partner kerjanya mendirikan perusahaan Apple pada 1 April 1976.Ketika itu, dimana Ronald memiliki saham sebanyak 10 %. Namun, Ronald kemudian menghentikan kerja samanya dengan kedua partnernya itu dan memutuskan untuk bekerja dalam sebuah laboratorium yang bernama “Lawrence Livermore”. Selain bekerja di laboratorium, Ronald juga membangun sebuah toko perangko di California. Meski telah keluar, namun nama Ronald tetap terkenang sebab dia memberikan sumbangan yang banyak dalam perusahaan itu, terutama dalam hal pembuatan logo.
  Ronald Wayne adalah sosok pria yang pertama kali membuat logo Apple. Logo yang dibuatnya memberikan sebuah inspirasi mengenai gaya gravitasi bumi yang ditemukan oleh Newton. Pada logo awal, Apple memang menggunakan gambar Newton yang duduk di bawah pohon apple. Ronald membuat logo tersebut bukan tanpa alasan. Dari gambar logo tersebut menyiratkan harapan yang besar atas pendirian perusahaan Apple, meskipun pada akhirnya logo tersebut diganti dengan gambar apple saja. Disaat kejayaan Apple saat ini, dia tidak dapat merasakan pundi-pundi kekayaan besar yang dihasilkan oleh perusahaan Apple. Meski demikian, Ronald tetap bangga menjadi cikal bakal pendiri perusahaan Apple.

Tim Cook
  Pria berkebangsaan Amerika ini memiliki nama lengkap Timothy D. Cook yang lahir pada tanggal 1 November 1960 di Robertsdale, Alabama. Ia merupakan CEO dari Apple Inc sejak tahun 2011 setelah Steve Jobs meninggal. Ia bekerja di Apple sejak tahun 1988 yang bertugas mengelola berbagai operasi harian di perusahaan ini. Ia menjadi CEO setelah Jobs mundur dari jabatannya pada 24 Agustus 2011 dengan alasan tertentu.


No comments:

Post a Comment

Tata cara komentar di blog ini :
1. Menggunakan bahasa yang baik dan benar
2. Pikirkan terlebih dahulu apa yang ingin di pertanyakan
3. Boleh saling memberikan informasi yang akurat dan jelas
4. Anda sopan, kami segan